Saturday, 5 November 2016

TUJUAN SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Probolinggo telah merumuskan suatu tujuan sekolah sebagai target yang hendak diraih oleh seluruh warga sekolah di era persaiangan global saat ini.  Adapun tujuan sekolah tersebut dituangkan dalam visi dan misi sekolah, serta dijabarkan dalam bentuk kegiatan operasional yang jelas agar pencapaian tujuan dapat dilaksanakan dengan efektif dan efisien.
  1. Tercapainya standar isi (KTSP, silabus, RPP, penilaian,) dengan mengimplementasikan pendidikan karakter, yang meliputi keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, perilaku terpuji dan adab berkomunikasi.
  2. Tercapainya standar pendidik dan tenaga pendidikan, dengan mencerminkan pribadi yang jujur, tangguh, ulet, bertanggung jawab, bekerja sama, komunikatif, dan profesional di bidang keahliannya.
  3. Tercapainya standar pengelolaan sekolah yang meliputi: visi, misi, RKS, RKAS, struktur organisasi sekolah, kurikulum, budaya lingkungan sekolah, kepemimpinan, manajemen, serta Standar Mutu Layanan Pendidikan dengan terimplementasikannya Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008.
  4. Terwujudnya sekolah adiwiyata dengan melestarikan fungsi lingkungan, mencegah pencemaran dan pencegahan kerusakan lingkungan yang diterapkan dalam kebiasaan hidup sehat, hemat energi, peduli lingkungan dengan prinsip 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Replace) untuk menciptakan lingkungan yang BESTARI.
  5. Tercapainya standar kompetensi lulusan, dengan menghasilkan tamatan yang cerdas, kompeten, kompetitif, menguasai TIK dan mampu menciptakan lapangan kerja.
  6. Tercapainya standar proses pembelajaran meliputi: perencanaan proses pembelajaran, pengelolaan pembelajaran, pelaksanaan, monitoring, supervisi pelaporan, evaluasi dan tindak lanjut, serta bekerjasama dengan DU/DI dalam praktek kerja industri (prakerin) maupun penyaluran tamatan sesuai dengan kompetensinya.
  7. Tercapainya standar sarpras/fasilitas sekolah meliputi semua sarpras, fasilitas, peralatan yang mengacu pada pemanfaatan teknologi dasar terutama TIK, dan perawatan sesuai SNP.
  8. Tercapainya standar biaya pendidikan dengan melibatkan partisipasi masyarakat dalam upaya mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan.
  9. Tercapainya standar penilaian terhadap potensi peserta didik di sekolah, dan bekerjasama dengan DU/DI/Asosiasi Profesi terkait dalam penilaian praktek kerja industri maupun uji kompetensi.

0 comments:

Post a Comment